in , ,

4 Tips Meningkatkan Pengunjung Blog atau Website

Meningkatkan Pengunjung Blog Secara Signifikan

meningkatkan pengunjung blog
Ilustrasi dari idwebhost

Blog anda sepi pengunjung? Tentu itu bukanlah harapan anda sebagai pemilik blog. Sepinya pengunjung blog berarti minimnya klik iklan. Lebih lanjut lagi, tidak ada penjualan produk yang anda tawarkan melalui website anda. Jadi, bagaimana solusinya?

Ada banyak cara untuk meningkatkan traffik atau pengunjung blog. Dan kali ini kami akan memberikan 4 tips meningkatkan pengunjung blog yang bisa anda implementasikan. Tentu ini adalah sebagian cara dari banyak cara yang ada. Tetapi kali ini kami akan memberikan pengalaman yang berbeda untuk mendapatkan peningkatan traffik ke website anda.

Tips 1: Optimasi Blog untuk Search Engine

search engine

Ini adalah cara paling favorit dan paling umum untuk mendapatkan peningkatan traffik. Sejatinya, tips ini adalah sebuah kewajiban bagi pengelola blog maupun website, yaitu melakukan optimasi SEO pada seluruh konten yang ada dalam blog.

Optimasi ini akan meningkatkan pengunjung organik, atau pengunjung yang mendapatkan referensi dari search engine. Sebagaimana kita tahu beberapa search engine paling populer untuk saat ini antara lain Google, Bing dan Yahoo.

Catatan: Patikan Anda sudah melakukan verifikasi Google Webmaster dan Bing Webmaster, supaya konten pada blog anda mudah ter-index oleh mesin pencari.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah riset keyword. Tujuannya, agar artikel yang Anda buat menggunakan keyword yang tepat. Tidak sedikit pengelola website menampilkan artikel atau konten tanpa target kata kunci yang tepat, sehingga website mereka sepi pengunjung. Padahal jika optimasi ini dilakukan, mereka telah menemukan cara yang jitu untuk meningkatkan pengunjung pada website mereka.

Ada banyak tool online yang bisa Anda gunakan untuk melakukan riset kata kunci. Salah satunya adalah Google Keyword Planner. Tool milik Google ini bisa Anda manfaatkan untuk mencari rata-rata keyword yang paling diminati dalam kurun waktu 30 hari. Bahkan bisa menampilkan keyword sesuai target anda.

Proses riset keyword ini hanya akan memakan beberapa menit saja untuk menampilkan kata kunci populer yang Anda inginkan. Setelah ditemukan, saatnya melakukan optimasi pada konten website yang akan Anda bangun. SEO sendiri dapat dibagi menjadi 2 jenis:

  • SEO On-Page: Optimasi yang dilakukan pada website dan konten-konten yang ada di dalamnya. Jadi ini adalah tugas sepenuhnya dari pengelola website.
  • SEO Off-Page: Upaya penggalangan trafik yang dilakukan di luar website. Seperti media sosial, social bookmarking dan link building.

Keduanya penting, dan perlu dilakukan bersamaan untuk mendapatkan hasil maksimal. Tetapi jika tidak memungkinkan, Anda bisa fokus dahulu di opsi pertama, yaitu SEO On-page, sebagaimana saran dari beberapa ahli SEO dan Internet Marketer.

Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan untuk optimasi website SEO On Page, diantaranya:

  • Title Tag: Judul menarik yang mengandung kata kunci target.
  • Tag Description: Sama halnya seperti judul, deskripsi juga harus menarik dan mengandung keyword yang anda targetkan.
  • Keyword Tag: Meskipun sudah tidak relevan dengan Google, Anda perlu memasukkan ini untuk search engine yang lain. Anda bisa memasukkan maksimal 10 keyword disini.
  • Heading: Search engine dan pengunjung website menyukai jenis format heading yang tepat. Ini akan memudahkan pengunjung untuk membaca konten. Gunakan tag H1, H2 dan H3 pada konten dan sebisa mungkin untuk memasukkan keyword di salah satu tag tersebut.
  • Struktur URL: Jika memungkinkan, masukkan juga keyword pada URL. Jangan gunakan underscore, karakter maupun spasi. Gunakan tanda hubung ‘dash’ atau ‘strip’.
  • Alt Text pada Gambar: Alternative text ini juga menjadi penentu peringkat pada Google. Sebaiknya Alt pada gambar ini diisi menggunakan keyword.
  • Konten: Agar website anda mendapatkan peringkat yang baik di Google, pastikan konten yang anda buat tetap unuk, segar dan memberi manfaat bagi pembaca.
  • Kecepatan Website: Pengunjung tentu tidak menyukai website yang memiliki akses lambat. Oelh karena itu, lakukan optimasi kecepatan pada website anda. Anda bisa memanfaatkan tool PageSpeed Insight untuk melakukan analisa performa website Anda.

Setelah semua faktor SEO On-Page diatas sudah diimplementasikan, selanjutnya Anda lakukan optimasi SEO Off-Page.

Anda bisa mulai meninggalkan komentar pada blog maupun forum yang memiliki tema yang sama dengan website anda. Tidak lupa juga untuk membagikan artikel Anda di sosial media seperti Facebook, Twitter dan Instagram.

Submit website Anda ke direktori blog seperti Blogging Fusion. Anda juga bisa menjadi guest blog di blog yang memiliki tema yang sama dengan blog anda. Membagikan artikel di Social Network dan submit di website social bookmark merupakan cara lain untuk mendapatkan backlink. Itulah sebagian cara optimasi SEO Off-Page. Masih banyak cara lain untuk memperkenalkan website anda kepada calon pengunjung melaui teknik SEO Off-Page ini.

Tips 2: Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Iklan Berbayar

Google adword
Ilustrasi Google Adword [Image: source]
Banyak pelaku internet marketer yang melakukan hal ini, mengingat cara ini adalah cara tercepat untuk mendapatkan pengunjung website. Hanya saja, cara ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk beriklan. Supaya lebih efisien, Anda perlu melakukan optimasi berkala guna mendapatkan conversion rate terbaik.

untuk memulai beriklan, buka halaman Google Adword. Ini adalah layanan milik Google dimana pengiklan bisa melakukan penawaran harga pada tiap keyword yang ada. Penawar tertinggi berhak menampilkan iklan pada halaman hasil pencarian google teratas maupun kolom iklan pada website rekanan Google Display Network.

Selain Google Adword, Anda juga bisa mempromosikan website anda lewat penyedia iklan yang lain semacam Media.net, 7search maupun sosial media berbayar seperti Facebook (Facebook Ads), Instagram (Instagram Ads) atau yang lainnya.

Tips 3: Bagikan Website di Media Sosial

Website Media Sosial
Ilustrasi Media Sosial [image source]
Sosial media menjadi sesuatu yang sangat vital untuk Anda memberitahukan kepada orang-orang mengenai artikel-artikel anda. Milyaran pengguna menjadi alasan kenapa anda harus memanfaatkannya. Anda tidak bisa hanya mengandalkan konten yang baik saja, tetapi anda juga harus mengenalkan konten anda kepada khalayak luas. Di sinilah media sosial akan membantu.

Dalam prakteknya, mungkin anda akan merasa kesulitan untuk memilih media sosial mana yang cocok untuk mempromosikan website anda. Setiap sosial media memang memiliki pangsa pasar yang berbeda.

Sebagai contoh, Google Plus akan bekerja maksimal untuk perusahaan B2B. Twitter lebih cocok untuk website berita. Secara umum, demografinya memang seperti itu. Numun, anda bisa mencoba semua media sosial untuk mempromosikan website anda, yang kemudia Anda bisa membandingkan secara utuh masing-masih dari sosial media tersebut.

Beberapa media sosial yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan website anda antara lain Facebook, Twitter, Instagram, Google Plus, dan lain-lain.

Tips 4: Email Marketing untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

email marketing
Ilustrasi Email Marketing [image source]
Dibandingkan dengan 3 Tips sebelumnya, mungkin Tips email marketing ini merupakan yang paling tidak populer. Kebanyakan pemilik website mengabaikan cara ini, padahal, dengan mengirim email pemberitahuan kepada subscriber adalah cara yang ampuh untuk meningkatkan pengunjung blog atau website.

Ada banyak vendor layanan untuk ini. Diantaranya MailChimp, Getrespons, Aweber. Atau yang saat ini sedang berkembang pesat adalah kirim.email. Kirim.email ini merupakan produk dalam negeri yang memberikan fitur layanan yang lengkap untuk keperluan email marketing.

Perlu Anda ingat bahwa sebaiknya tidak terlalu berlebihan untuk melakukan kampanye email marketing ini. Sebagai permulaan, anda cukup mengirimkan newsletter ke subscriber Anda sekali dalam satu bulan. Seiring berjalannya waktu kalau dirasa kurang, bisa lebih dirutinkan yaitu dua pekan sekali, dan seterusnya.

Perhatikan juga aspek manfaat bagi pembaca. Konten yang bermanfaat akan lebih melanggengkan pengunjung ke website anda dibandingkan penawaran-penawaran berkedok diskon yang akan membuat subscriber anda berpaling dari anda.

Kesimpulan

Demikian tips-tips meningkatkan pengunjung pada blog atau website Anda. Sekali lagi ini hanyalah sebagaian dari banyak cara yang ada. Dalam kesempatan ini kami hanya membagikan 4 Tips yang bisa membantu meningkatkan traffik pada blog Anda.

Silahkan mencoba tips demi tips yang telah kami uraikan di atas. Dan rasakan perubahan yang terjadi.

Semoga bermanfaat
Wassalam…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

comments

winbox mikrotik

10 Tips Penggunaan Winbox pada Mikrotik