in ,

Cara Verifikasi Website di Google Webmaster

webmaster tools

Salah satu hal yang penting dalam melakukan optimasi search engine  website berbasis wordpress adalah dengan menambahkannya ke Google Webmaster. Dan kali ini akan dijelaskan mengenai cara untuk menambahkan website anda ke Google Webmaster. Cekidot…

Apa itu Google Webmaster?

Google Webmaster adalah alat yang disediakan oleh Google untuk para publisher agar website yang mereka kelola lebih mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google, Bing dan lainnya. Alat ini menyediakan laporan dan berikut data yang dapat membantu Anda sebagai pengelola untuk memahami bagaimana halaman blog atau website Anda dapat muncul di hasil pencarian.

Anda dapat mengetahui search query dimana halaman dari website muncul di hasil pencarian dan seberapa sering diklik. Data ini dapat membantu Anda meningkatkan artikel yang pernah Anda tulis, membantu proses penulisan artikel baru, hingga menentukan strategi untuk website Anda.

Google Webmaster juga memberikan opsi kepada Anda untuk mengajukan XML sitemap dari website Anda, mengecualikan URL, serta membantu Google menampilkan konten yang paling penting dari website Anda.

Selain itu, alat ini juga akan memberitahu Anda sebagai pengelola jika terdapat masalah dengan website Anda dimana Google menghentikan crawling dan tidak lagi mengindeks website Anda.

Apa yang dibutuhkan?

Untuk memulai, anda diharuskan memiliki:

  1. Akun Google, untuk pengaturan Webmaster Tools nya
  2. Akses ke dashboard WordPress, sebagai pengelola website.

 

Dapatkan dan Pasang Kode Verifikasi Webmaster ke Website

Silahkan buka halaman Google Webmaster dan masuklah menggunakan akun Google anda. Setelah masuk, tambahkan URL website anda pada kolom yang tersedia.

URL webmaster

 

Setelah itu anda akan diarahkan untuk melakukan pengambilan dan pemasangan file untuk verifikasi. Silahkan unduh file yang telah disediakan oleh Google dengan klik link (1), kemudian letakkan file tersebut di folder utama website anda (screenshot dibawah) dan lakukan pengujian file sebelum dulakukan verifikasi dengan klik link (2).

Setelah berhasil melakukan pengujian, klik link (3) untuk konfirmasi bahwa anda bukan robot, dan yang terakhir klik link (4) untuk melakukan verifikasi.

verifikasi webmaster

 

file manager

Setelah berhasil melakukan verifikasi, maka anda akan mendapatkan pesan sukses.

Kesimpulan

Setelah berhasil melakukan verifikasi website anda di Google Webmaster Tools, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan sitemap XML. Jika Anda belum memahami apa itu sitemap dan cara membuatnya, silakan ikuti tutorial cara membuat sitemap berikut ini.

Dan jika Anda memiliki pertanyaan mengenai langkah pada tutorial ini, silahkan meninggalkan komentar pada kolom yang tersedia.

semoga bermanfaat dan Happy Blogging… 🙂

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

mahasiswa akhir

5 Tips Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

sitemap wordpress

Cara Membuat Sitemap di WordPress