in ,

Cara Mengetahui Tema WordPress Orang Lain

Mengetahui Tema Wordpress pada Website

nama tema wordpress

Tema merupakan salah satu elemen yang penting dalam membangun website berbasis WordPress. Karena user interface pada sebuah website akan menentukan impresi pengguna dan keseluruhan user experience. Kedua hal tersebut yang akan menentukan reputasi website di mata pengguna sekaligus juga indeksasi Google. Karena itulah alasan mengapa Anda perlu memilih tema yang sesuai dengan nice website anda.

Ketika proses pencarian, ada kalanya Anda melihat tema bagus yang terpasang pada website orang lain. Anda pun penasaran atau bahkan ingin memiliki tema tersebut dan dipasangkannya pada website Anda. WordPress memungkinkan tema yang sama dipasangkan pada website yang berbeda.

Anda hanya perlu mencari tahu nama dari tema yang dipakai. Beberapa website memuat nama tema pada bagian footer seperti contoh di bawah:

WP footer

Jika kasusnya seperti ini, anda bisa dengan mudah mencari nama tema yang dimakksud dan memasangnya pada website Anda.

Namun, seringkali pemilik website menyembunyikan nama tema yang dipakai. Ini ditujukan agar pengunjung tidak memakai tema yang sama pada websitenya. Selain itu, menyembunyikan nama tema akan membuat website terlihat lebih profesional.

Jika Anda penasaran dengan tema yang tepasang di sebuah website, dibawah ini kami akan mengulas bagaimana cara mengetahui tema wordpress yang dipakai orang lain.

Cara Mengetahui Tema WordPress

Banyak sekali sebetulnya kalau kita mau mencari di internet. Anda bisa beberapa diantaranya sekaligus untuk memastikan performa dan kecepatan responnya. Berikut kami ulas enam alternatif yang bisa Anda gunakan:

WP Theme Detector

wp-theme-detector

Selain mendeteksi tema, WP theme detector ini juga memiliki kemampuan mendeteksi child theme pada website. Juga memuat statistik mengenai popularitas tema.

Misal, berapa rangking tema yang dicari dibandingkan tema yang lain, berapa kali tema yang sama dicari melalui WP theme detector, dan perbandingan seberapa banyak tema tersebut dipakai oleh pengguna WordPress. Alat ini juga membantu mencecek reputasi penyedia tema.

Dan yang tidak kalah penting, alat ini dapat mendeteksi plugin apa saja yang dipakai pada website, dan juga memuat rankin plugin yang terdeteksi.

Scan WP

scan wp

Scan WP membantu Anda mendapatkan informasi tentang tema dan plugin yang digunakan pada sebuah website. Tidak hanya memberikan informasi umum mengenai nama dan website developer resmi, tetapi menunjukkan harga dan tags yang berhubungan dengan penggunaan tema.

Scan WP juga menunjukkan daftar website yang menggunakan tema tersebut. Dengan begitu, ini bisa menjadi inspirasi untuk Anda untuk mengamati website-website lain yang menggunakan tema tersebut. Menggunakan alat ini juga membantu anda untuk mengetahui seberapa fleksibel tema tersebut dikustomisasi.

WordPress Theme Detector by Satori Studio

wp scan detector

Dibandingkan yang lain, tools ini memiliki tampilan yang paling sederhana dan bersih. Ia hanya terdiri dari dua kolom. Bagian kiri adalah input alamat website, dan bagian kanan adalah temuan dan tautan menuju tema yang terdeteksi.

Berbeda dari dua tools sebelumnya, alat ini tidak memberikan banyak informasi mengenai tema dan website yang sedang dicari.

What Theme

what-theme

Alat ini mendeteksi URL tema, pembuat tema beserta websitenya, versi tema, lisensi beserta URL nya dan deskripsi mengenai tema itu sendiri.

Selain mendeteksi tema website berbasis wordpress, What Theme ini juga bisa mendeteksi tema dari Content Management System (CMS) lain seperti Joomla, Drupal, Blogger, Shopify, Tumblr, Magento dan yang lainnya.

IsItWP

is-it-wp

IsItWP adalah alternatif lain yang dapat digunakan untuk mengetahui nama tema pada website. Selain menampilkan nama tema, alat ini juga menginformasikan hosting dan pemilik website.

IsItWP juga menginformasikan menegai plugin yang dipakai. Di bagian bawah, setelah keterangan mengenai tema, terdapat deskripsi mengenai plugin, tautan download, dan performa plugin yang dimaksud.

WP Theme Search

Seperti yang lainnya, Anda hanya diminta memasukkan alamat website yang akan dilihat temanya. Dan alat ini akan menampilkan informasi lengkap mengenai nama tema, pembuatnya, alamat resmi, dan sekaligus website pembuat tema.

Sesuai nama, alat ini hanya bisa digunakan untuk mendeteksi tema wordpress. Dan ketika tema yang dimaksud bukan berasal dari wordpress, maka akan menampilkan pesan “(nama website) does not appear to be a wordpress site”.

Kesimpulan

Kepo atau rasa ingin tahu mengenai tema yang digunakan orang lain adalah hal yang wajar. Dengan itu akan tergerak dalam diri kita untuk terus belajar.

Demikian ulasan singkat kami mengenai cara mengetahui tema pada website orang lain. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

comments

perbedaan wordpress.org wordpress.com

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org