in ,

Cara Membuat Sitemap di WordPress

sitemap wordpress

Sebagai seorang developer website, sitemap bukanlah sebuah hal asing untuk diketahui. Pun demikian dengan pembaca atau blog walker. Karena akan sangat sering dijumpai adanya menu sitemap ini pada banyak blog atau website. Karena memang menu ini memiliki fungsi untuk memberikan petunjuk ke user dan search engine mengenai semua halaman yang bisa diakses pada website tersebut.

Dan berikut adalah beberapa keuntungan meletakkan menu sitemap pada website:

  1. Memungkinkan halaman pada website mudah ditemukan oleh search engine dan dapat terindex lebih cepat.
  2. Sitemap dapat memberitahu search engine mengenai perubahan pada struktur dari website.
  3. Memudahkan search engine melakukan pengindexan pada website yang memiliki banyak halaman dan tidak terstruktur atau tidak memiliki internal link.

Itulah beberapa alasan mengapa anda perlu untuk memasang sitemap pada website anda.

Nah, sekarang mari kita bahas cara memasang sitemap pada website kita. cekidot….

Persiapan

Sebelum anda melangkah lebih jauh, pastikan anda memiliki:

  1. Akses admin pada halaman Dashboard WordPress anda.

Perbedaan antara Sitemap HTML dan Sitemap XML

Secara umum, Sitemap dikategorikan menjadi dua bagia. Pertama adalah Sitemap HTML dan yang kedua adalah Sitemap XML. Dan perbedaan utama dari kedua jenis Sitemap tersebut adalah target penggunaannya. Sitemap HTML ditujukan untuk pengguna, sedangkat Sitemap XML ditujukan ke pada mesin pencari (search angine).

Sitemap HTML. Sitemap ini dibuat untuk user dan menyediakan navigasi yang mudah ke halaman. Hal tersebut memberitahu user mengenai halaman Kontak atau Profile Perusahaan dan sebagainya. Meskipun diperuntukkan bagi pengunjung website, sitemap ini juga dapat memperbaiki peringkat di search engine karena menambah nilai user experience pada website Anda.

Sitemap XML. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, sitemap ini untuk search engine yang berisi metadata beserta url website. Di dalamnya mengandung informasi website jika terdapat update terbaru URL pada website.

Kedua sitemap tersebut memberikan dampak kemudahan kepada mesin pencari untuk melakukan ‘crawling’ konten. Karena itu disarankan untuk memiliki keduanya, Sitemap HTML dan XML. Hal ini akan memastikan Anda tidak melewatkan bagian penting yang berhubungan dengan SEO, selain meningkatkan user experience pada website Anda.

Membuat Sitemap XML Menggunakan Google XML Sitemap

Inilah salah satu keunggulan CMS WordPress. Dimana membangun komponen sepenting ini hanya perlu menambahkan plugin saja. Dan kali ini kita akan memasang plugin Google XML Sitemap untuk menambahkan menu sitemap pada website.

Dengan menggunakan plugin ini, cukup mudah dalam membuat sitemap XML untuk search engine seperti Google, Bing dan lainnya. Plugin ini membuat sitemap untuk semua halaman WordPress dan kustom URL. Selain itu, secara otomatis akan memberitahu search engine jika ada konten baru di terbitkan.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan:

1. Install dan aktifkan plugin Google XML Sitemaps.

xml sitemap

2. Setelah instalasi dilakukan, maka plugin akan secara otomatis membuat sitemap untuk website anda.

3. Untuk memastikan bahwa sitemap anda telah dibuat, silahkan masuk ke menu konfigurasi sitemap XML anda pada Settings > XML Sitemap.

setting sitemap xml

Membuat Sitemap HTML untuk WordPress

Kali ini plugin yang diperlukan adalah WP Sitemap Page. Dan berikut langkah-langkah untuk pemasangan sitemap HTML.

1. Install dan aktifkan plugin WP Sitemap Page pada website Anda.

wp sitemap page

2. Buat halaman baru dan tambahkan shortcode berikut pada postingan “[wp_sitemap_page]”

membuat halaman sitemap html

3. Simpan dan publish. Dan untuk melihat hasil dari pembuatan sitemap tadi, silahkan masuk ke halaman yang telah dibuat tadi, maka akan tampil kurang lebih seperti ini:

halaman sitemap html

Submit Sitemap XML ke Mesin Pencari (Search Engine)

Setelah selesai melakukan pemasangan Sitemap XML di website, saatnya melakukan submitting XML ke mesin pencari. Dan dalam percobaan ini akan dilakukan submitting ke 2 mesin pencari terpopuler, yaitu Goole dan Bing.

Submit Sitemap XML ke Google

Sebelum anda melakukan submit sitemap ke Google Search Engine Console, pastikan website anda telah terverifikasi. Untuk melakukan verifikasi website ke Google search engine console, silahkan buka halaman panduan cara verifikasi ini

Nah, setelah selesai melakukan verifikasi, silahkan buka halaman Google Search Console dan pilih website yang tadi anda tambahkan

  1. Klik menu Perayapan (Crawl) dan kemudian Peta Situs (Sitemap)
  2. Kemudian klik Tambahkan/Uji Peta Situs
  3. Masukkan URL sitemap anda pada kolom yang telah disediakan
  4. Dan konfirmasi dengan klik Kirim.
  5. Tunggu beberapa hari sampai robot google selesai melakukan crawling halaman anda.

submit xml sitemap

Submit Sitemap XML ke Bing

Bing merupakan salah satu mesin pencari popular yang ada saat ini. Maka itu perlu dilakukan submit sitemap website anda ke mesin pencari ini. Seperti proses submit di Google, anda perlu melakukan verifikasi terlebih dahulu.Untuk melakukan verifikasi website di Bing, silahkan menuju halaman berikut, dan pastikan anda telah memiliki akun Microsoft. Untuk panduan lengkap cara melakukan verifikasi, bisa merujuk ke halaman berikut. Pada proses verifikasi, silahkan masukkan sitemap XML dan kemudian klik add.

webmaster bing

Kesimpulan

Sitemap merupakan bagian penting pada website. Sitemap tidak hanya akan memberikan pengalaman pada pengguna, tetapi juga membantu mempercepat proses indeksdan crawling search engine oleh robot.

Semoga bermanfaat. Dan seperti biasa, bila terdapat pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di bawah. Happy Blogging…:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

webmaster tools

Cara Verifikasi Website di Google Webmaster

google amp

Cara Optimasi Website dengan Google AMP