in ,

5 Tips Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

 

Buat kamu yang lagi mengecap semester akhir, jangan biarkan waktumu terbuang sia-sia, yuk luangkan waktu sejenak untuk memikirkan dan merencanakan langkah kamu setelah lulus nanti. Bukan karena sudah dapat titel lantas pekerjaan akan menghampirimu begitu saja. Apalagi jika kamu belum pernah sama sekali bergelut dengan dunia kerja, duh bisa berabe nih. Selain beban moral saat menyandang titel sarjana, masalah umur yang udah kepala dua tapi masih menjadi tanggungan penuh orang tua juga bisa bikin stress dong, hmmm let’s move dude!

Mumpung masih ada waktu tersisa, yuk baca dan lakukan beberapa tips ini agar bisa mulai mandiri mulai sekarang.

 

1. Tingkatkan Hobimu

Yuk mulai dari hal yang paling mudah dan menyenangkan. Hobi kadang bisa bikin kita memiliki penghasilan. Kalau kamu memiliki hobi yang menarik,  jangan ragu untuk tetap meningkatkannya, ya disela waktu senggangmu bisa lah buat sedikit mengarahkan. Kalau hanya berfokus pada skripsi kadang bisa bikin mood kamu buruk bahkan akan berdampak pada hasil penelitianmu loh, hehe.
Cobalah sesekali luangkan waktu untuk melakukan aktivitas terkait hobi. Jika kamu hobi fotografi, tingkatkan hobimu ini siapa tau nantinya kamu bisa menjadi fotografer yang terkenal. Yah, siapa tau, lumayan kan dari hobi bisa menghasilkan uang?
Hal ini juga yang akan memperbaiki mood kamu untuk tetap semangat sebagai mahasiswa semester akhir yang produktif.

2. Ikut kursus gratis

Namanya menunggu itu kadang sangat membosankan. Yah sambil menunggu skripsi selesai, ada baiknya kamu meluangkan banyak waktu untuk hal positif, seperti ikut kursus gratis. Selain mengurangi stres karena tugas akhir, hal ini juga bermanfaat untuk dunia kerja kamu kedepannya. Skill kamu bakal bertambah dengan sendirinya, siapa tau bakal kamu butuhkan nantinya.

Sekarang ini banyak loh lembaga bahkan komunitas yang mengadakan kegiatan untuk mengurangi pengangguran. Misalnya LSM membuat kursus gratis bagi yang ingin mengembangkan potetensinya, mulai dari kursus masak, menjahit, desain grafis, dan merajut. Hmmm banyak deh macam skill yang lain, kamu bisa Cari dari lingkup kampus kamu dulu deh. Selain bisa dicoba untuk menambah pengalaman, kamu juga akan memiliki banyak teman, apalagi buat yang masih Jomblo, sapa tau nih ketemu jodoh hehe.

3. Kerja part time

Nah, selanjutnya buat kamu yang masih jadi mahasiswa semester akhir, sambil menunggu ujian skripsi selesai coba deh kerja part time. Hal ini bisa membantu kamu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ya memang upahnya tidak seberapa tapi setidaknya, memenuhi kebutuhan kamu saat ingin nongkrong sambil ngerjain skripsi gitu. Mungkin bisa lah buat jajan atau membeli kuota internet sendiri tidak perlu lagi meminta uang dari orang tua.

Bisa dibilang untuk saat ini banyak perusahaan atau sekelas pertokoan menawarkan kerja part time dan bila kerjamu dinilai baik dan berkualitas, maka akan menjadi peluang bagi kamu untuk menjadi staff tetap setelah lulus nanti. Kalau sama-sama cocok pihak perusahaan bakal rekrut kamu kok. Selain itu bisa buat menambah pengalaman juga buat nambahin kolom CV kamu dong. Banyak hal yang bakal kamu jumpain seperti memiliki banyak link untuk mencari tau lapangan pekerjaan yang lebih luas lagi, juga menambah teman dan relasi. Apalagi saat ini lowongan kerja lebih memprioritaskan orang orang yang telah berpengalaman di dunia kerja. Nah, gimana tertarik? Coba deh cari di sekitarmu. Asal tidak mengganggu proses skripsimu ya!

4. Hadiri job fair

Job fair juga sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin mencari pekerjaan atau sekedar ingin tau sekitar dunia kerja. Semakin sering mengikuti job fair, maka semakin besar pula peluang kamu untuk setidaknya mendapatkan info pekerjaan. Dari sini, kamu akan semakin paham alur proses dunia kerja, seperti seleksi dan kriteria pekerjaan yang paling banyak dicari oleh perusahaan. Dari sini kamu bisa siapin apa yang akan kamu butuhkan kelak. Intinya, dengan mengikuti job fair akan banyak pengetahuan baru yang akan kamu peroleh dalam dunia kerja.

5. Perbanyak teman

Kenapa harus banyak teman, Kan lagi pusing skripsian? Yah Coba deh baca ini dulu. Hal ini akan bermanfaat jika kamu sedang mencari pekerjaan, soalnya kadang yang namanya rejeki tuh datang dari teman. Mungkin temanmu punya relasi atau famili di sebuah perusahaan, bisa lah buat Tanya info atau bahkan buat rekomendasi. Jangan malu untuk ikut berbagai organisasi positif dan aktif di komunitas yang memiliki manfaat dan jalin pertemanan yang baik dengan orang lain. Dari sini kamu gak bakal rugi apapun deh, malah bisa untung banyak loh, ya namanya rejeki kan bukan cuma uang, teman yang baik juga sebuah rejeki Yang luar biasa.

 

 

Dah sekian dulu ya, bisa tuh dicoba buat refreshing sejenak. Setidaknya ini bisa jadi langkah awalmu buat menggapai mimpimu! Salam Sehat!

Leave a Reply